Baca Sebelum Bertanya

Iseng explore instagram, nemu buku yang menarik pandang. Merasa tertarik, saya cari taulah buku itu. Sampai di satu post yang mengabarkan bahwa buku tersebut sedang open PO (preorder). Inti dari saya menge-post tulisan ini sebenernya bukan itu. Yang membuat saya tergelitik yakni ketika secara sengaja saya membaca komentar dari post foto instagram tadi, dengan tujuan mendapat info atau testimoni tentang buku tersebut. Dan saya menemukan satu komentar yang membuat saya geregetan membacanya. Satu kalimat singkat, “Harganya berapa ya kak?” Hmmmmm…

Padahal ya dalam post foto tersebut sudah terpampang nyata angka dalam rupiah yang menunjukkan harga dari buku itu. Sepele mungkin bagi sebagian orang, tapi kok saya ngerasa geregetan sekali? Gimana  sama admin yang baca komentar itu ya? Terpujilah para admin berbagai olshop yang dengan setia menjawab pertanyaan calon customer-nya dengan sangat sabar dan sopan, dari yang serius mau beli, iseng nanya-nanya, sampai pertanyaan remeh-remeh kurang berguna.

Budaya membaca sebelum bertanya inilah yang nampaknya mulai dilupakan sebagian orang. Mereka sudah terlanjur malas untuk sekadar mencari tau terlebih dahulu. Meskipun informasi tersebut sudah terpampang di depan mereka tapi orang-orang lebih cenderung langsung bertanya. Dengan harapan dapat jawaban cepat padahal belum tentu seperti yang mereka harapkan.

Sama kasusnya dengan email juga grup Whatsapp. Mungkin karena saking sibuknya jadi nggak sempat bukain email satu-satu. Apalagi email kantor yang isinya campuran dari berbagai seksi. Begitu lagi perlu malas nyariin satu-satu, nanya lah. Jawaban pertanyaan nggak sesuai dengan yang diinginkan, yang ditanya juga masih sibuk dengan urusan yang lain. Padahal kalo mau nyari, semua term and condition, manual, daftar permasalahan beserta penyelesaian, ada semua secara rinci di email yang dikirim entah sejak kapan. Yang ini pengalaman pribadi sebenernya, hahaha.

Jadi marilah mengembalikan kebiasaan membaca sebelum bertanya. Kita lega orang lain juga suka, tanpa perlu banyak tanya.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s