Penilaian Website BPS Kabupaten/Kota 2015

Jadi, instansi tempat saya mengabdi ini sedang melaksanakan program Reformasi Birokrasi (RB). Tak terelakkan bahwa inti dari sebuah reformasi adalah perubahan. BPS sesuai visinya, “Pelopor Data Statistik, Terpercaya Untuk Semua” berusaha melakukan peningkatan kualitas pelayanan publik dan data. BPS telah menetapkan quick wins (target jangka pendek untuk peningkatan pelayanan), yaitu dengan membuat Advanced Release Calendar (ARC), pembangunan Pelayanan Statistik Terpadu yang terstandardisasi (di BPS RI, BPS Provinsi, BPS Kabupaten/Kota), dan penyempurnaan website BPS.

Untuk memacu BPS daerah dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik dan data, BPS RI melakukan pemeringkatan pelayanan publik. Setiap provinsi harus mengikutsertakan 2 anggota dalam wilayahnya, 1 BPS Kota dan 1 BPS Kabupaten, untuk mengikuti ajang ini. Nah kebetulan BPS Kota Metro terpilih sebagai salah satu peserta yang ditunjuk oleh BPS Provinsi Lampung bersama BPS Kabupaten Lampung Tengah.

Komponen yang dinilai meliputi website, Pelayanan Statistik Terpadu (PST)-semacam perpustakaannya BPS, dan publikasi Daerah Dalam Angka. Namanya juga lomba, nggak greget kalo dikasih taunya jauh-jauh hari. Dan memang kami hanya mempunyai waktu yang tak banyak untuk mempersiapkan segala tetek bengek yang termasuk penilaian dari tiap-tiap komponen. Padahal waktu itu di daerah juga lagi sibuk-sibuknya PBDT (Pemutakhiran Basis Data Terpadu) dan berbagai survey. Mau nolak kan ya nggak mungkin. Yaudah dijalani aja, sembari ngerjain tugas yang lain.

Dan memang pada kenyataannya kami pasrah. Ibu kepala kantor pun hanya bisa berpesan, yang penting sudah berusaha, nggak malu-maluin, nggak juara nggak papa asal jangan di peringkat paling bawah. Kita juga maunya gitu bu, hehehe.

Lega rasanya begitu syarat-syarat penilaian udah dikirim. Kemudian dilupakan, wkwkwk. Singkat cerita ada pesan baru di email kantor tentang pengumuman penilaian pemeringkatan itu. Kayak udah tau hasilnya, baca emailnya juga biasa aja, nggak deg-degan kayak mau tau hasil UN atau SNMPTN hahaha.

Dan, jeng jeng jeng…

WEBSITE BPS KOTA METRO JUARA 5

Wew, nggak nyangka pake banget 😀 Tapi alhamdulillaah ada hasil dari kerja keras yang dilakukan. Walau kalo diperingkat BPS Metro hanya dapat peringkat 11 (karena penilaiannya akumulatif dari ke-3 komponen tadi), tapi hasil itu bagai air di padang pasir #halah. Ada semacam perasaan bangga sekaligus puas terutama dari saya pribadi selaku admin web, yang ngoprek-oprek dari mulai template web itu diganti sesuai kebijakan pusat. Alhamdulillaah, rasa capek itu terbayar 🙂

Meskipun demikian, tak boleh berpuas hati. Masih banyak pe er yang harus dilakukan terutama untuk PST dan publikasi. Oh ya, yang juara 1 penilaian komponen publikasi teman seprovinsi lho, BPS Kabupaten Lampung Tengah. Congratz yak, harus berguru sama mereka nih! 🙂

Nb: yang mau berkunjung ke website kami, mari silahkan nggak bayar kok, itung-itung nambah jumlah pengunjung 😀

Website BPS Kota Metro

leaflet web 1

leaflet web 2

Advertisements
Posted in: bps

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s