Baik Sangka

Pernah kan ngrasa kecewa pada suatu hal? Bisa pekerjaan, keadaan, atau apapun itu. Saya sering ngrasa kayak gitu. Misal, di kantor ada suatu pekerjaan besar. Saya ingin menjadi bagian dalam pekerjaan tersebut. Lalu kepala kantor malah menyuruh orang lain bertanggung jawab terhadap pekerjaan itu. Saya yang saat itu dalam kondisi lapang (tidak terlalu banyak pekerjaan) merasa dinomorsekiankan (maafkan saya yang terlalu terbawa perasaan hehe). Kenapa bukan saya? Kenapa orang lain? Karena sudah keputusan atasan, ya sudah manut aja.

Waktu berlalu dan pekerjaan itu memang menguras waktu, energi, dan tenaga. Ketika pekerjaan itu menuai banyak kritik karena kesalahan yang terjadi, petugas yang kurang cermat mengerjakan, dan banyak masalah lainnya. Otomatis atasan sering menegur penanggung jawab tadi-peran yang pada awalnya ingin saya mainkan-.

Dari situ baru saya sadar bahwa itulah keputusan paling bijak, yang Allah turunkan melalui perantara atasan saya. Jika saya berada di posisi penanggung jawab tadi, mungkin saya tak sekuat dia. Yang sewaktu-waktu dikritik habis-habisan, terus menerus diteror dengan PING deadline. Ya, pada intinya memang semua yang terjadi dalam hidup ini sudah ada yang mengatur. Yang kita pengin belum tentu baik bagi kita, yang kita pengin belum tentu mampu kita jalani. Maka pada setiap jalan hidup yang harus kita lalui, berbaik sangkalah padaNya.

Penyakit buruk sangka itu memang sangat berbahaya. Tak baik bagi kesehatan jiwa dan raga. Bikin kesel sendiri, marah-marah sendiri, padahal belum tentu yang kita pikirkan itu benar-benar terjadi. Yang bikin nyesek lagi, justru yang kita pikirkan itu berkebalikan seratus delapan puluh derajat dari kenyataan. Dan seringkali yg kita pikirkan adalah hal-hal buruk. Hey, ayok mulai biasakan diri selalu berpikir positif, berbaik sangka dengan segala keadaan yang menghampiri kita. Udah berpahala bikin hati tenang pula 🙂

A positive mindset will determine your happiness

download

Leave a Reply

