Cerita Sakernas

Alhamdulillaah, satu BS (blok sensus) Sakernas Semester 1 2015 selesai dicacah. Ternyata ngumpulin data itu banyak perjuangannya. Harus menyesuaikan waktu yang tepat dengan responden, harus merelakan waktu di luar jam kantor ketika responden sampel ternyata juga tidak dapat ditemui dalam rentang jam kantor. Akhirnya baru bisa sampai rumah menjelang maghrib.

Belum tanggapan macam-macam dari responden. Mulai ibu-ibu yang minta ninggalin nama dan nomor HP, sepasang suami istri kritis yang mempertanyakan cara pengambilan sampel, kenapa bisa mereka yang terpilih, kenapa harus 10 rumah tangga yang dipilih dalam satu BS, meragukan sampel yang terpilih. Menguji kesabaran memang, pun kepintaran menjawab pertanyaan. Rasanya pengin cepat-cepat kabur dari rumah itu.

Menuju responden yang lain, disambut anjing di depan rumahnya. Antara ragu-ragu masuk rumahnya, tapi tanggung jawab akan amanah tersebut akhirnya menuntun kaki saya untuk hati-hati masuk ke rumah itu juga. Saat tinggal satu responden tersisa, kembali kesabaran diuji. Muter-muter bolak balik nyari rumah terakhir itu tak kunjung ketemu. Tanya orang-orang di sekitar situ tak ada yang tau. Pak RT, satu-satunya harapan, sedang tak ada di tempat juga.

Akhirnya dengan bantuan seorang ibu yang baik sekali, rela ikut mencari-cari dimanakah keberadaan sampel terakhir itu. Ketemu! Alhamdulillaah 🙂 Ternyata rumahnya sekitar situ aja. Cuma karena biasa disapa dengan nama ‘paraban’ alias nama akrab jadilah tetangganya jarang ada yang tau nama aslinya.

Alhamdulillaah ya Allah.. Kau masih mengirimkan bantuan di saat keluhan saya lebih banyak daripada syukur saya. Begitu banyak pelajaran yang dapat saya ambil hari ini. Semoga tiap langkah yang saya kerjakan diridhoi olehMu, wujud pengabdian saya pada negeri tercinta 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s