Aksi FightForPalestine @Bundaran HI

Alloh adalah tujuan kami…

Rasululloh teladan kami…

Al Qur’an pedoman hidup kami…

Jihad adalah jalan juang kami…

Mati di jalan Alloh adalah…

Cita-cita kami tertinggi..

 

Subhanalloh..

Sepenggal syair dari nasyid Shoutul Harokah menggema di Bundaran HI.. Tidak seperti pagi-pagi sebelumnya, kali ini Bundaran HI terlihat berbeda. Banyak orang berbaju putih-putih dengan spanduk, poster, dan bendera Palestina di tangan mereka. Yap, hari ini tanggal 18 November 2012 akan dilakukan aksi dengan tema FightForPalestine, FightForGaza, sebagai bentuk kepedulian dan dukungan kepada rakyat Palestina serta mengutuk serangan Israel di jalur Gaza. Aksi ini terselenggara berkat kerjasama FSLDK (Forum Silaturrahim Lembaga Dakwah Kampus) Jakarta-Depok-Bekasi dimana SalamUI yang bertindak sebagai korlapnya, KAMMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia), KNRP (Komite Nasional untuk Rakyat Palestina), serta berbagai organisasi keislaman lainnya.

Aksi dilakukan ketika car free day. Orasi dimulai sekitar pukul 08.00 WIB. Ketua FSLDK berdiri di atas mobil sound untuk membangkitkan semangat para peserta aksi dan menyampaikan tujuan aksi. Diantaranya yaitu meminta ketegasan pemerintah Indonesia untuk mendukung perjuangan rakyat Palestina. Selama ini pemerintah Indonesia belum secara riil menunjukkan dukungannya, padahal Indonesia adalah negara muslim terbesar di dunia sementara negara-negara lain telah menyalurkan berbagai bantuannya.

Selain itu, aksi ini juga menuntut agar pemerintah Amerika Serikat yang mendalangi penyerangan Israel ke Palestina menghentikan tindakan kejamnya itu. Permasalahan yang terjadi di Palestina saat ini bukan lagi permasalahan agama tetapi permasalahan kemanusiaan (pelanggaran HAM) dan harus ditindaklanjuti dengan tegas dan segera oleh PBB sebagai organisasi internasional.

Teriakan takbir tak henti-hentinya bergema dari seluruh penjuru menunjukkan apresiasi kita terhadap keberanian para mujahid-mujahid Palestina yang tiada gentar memperjuangkan hak mereka sekaligus kegeraman  kita terhadap tindakan biadab Israel. Sejatinya, tak ada asap jika tak ada api. Itu pula yang terjadi di Palestina. Jika saja Israel tidak merebut wilayah yang menjadi hak Palestina maka peperangan itu tak mungkin terjadi. Rakyat Palestina hanya memerjuangkan hak yang harusnya menjadi milik mereka. Masjid Al Aqsha dalah masjid suci bagi umat Islam. Sama dengan masjid Al Haram di Makkah dan masjid Nabawi di Madinah. Membelanya dan menyucikannya dari pelecehan serta penistaan zionis Israel adalah sebuah kewajiban!!

Dari orasi yang disampaikan juga didapatkan info ter-update yang memberitahukan bahwa 46 orang telah syahid akibat serangan Israel, 11 diantaranya adalah anak-anak dan ibu menyusui. Sementara 300-an orang mengalami luka-luka. Astaghfirulloh hal’adzim sungguh keji tindakan Israel, bahkan anak-anak yang belum mengerti apa-apa tak luput menjadi korban kebiadaban mereka.

Selain ketua FSLDK, wakil dari KNRP juga memberikan orasinya. Adalah seorang dokter yang bernama Ustaz Zakaria yang baru saja kembali dari Palestina. KNRP adalah salah satu lembaga kemanusiaan yang peduli terhadap permasalahan masjid Al Aqsha dan isu kemanusiaan di Palestina. KNRP menyalurkan dana yang terkumpul untuk diserahkan kepada pemerintah Palestina. Dalam orasinya, ustaz Zakaria menyampaikan ucapan terima kasih dari perdana menteri Palestina kepada masyarakat Indonesia yang telah memberikan bantuan kemanusiaan. Beliau berpesan walaupun kita tidak mampu membantu secara langsung di Gaza tetapi kita dapat membantu dengan doa tulus yang kita panjatkan di antara ibadah-ibadah kita. Insya Alloh doa yang kita panjatkan akan memudahkan perjuangan mereka.

Setelah orasi, massa kemudian melakukan long march mengelilingi bundaran HI. Tampak di barisan terdepan beberapa orang membawa spanduk nama organisasi yang terlibat dalam aksi kali ini. Di belakangnya tampak bendera Palestina dengan ukuran sangat besar dibawa oleh beberapa orang. Disusul dengan bendera Indonesia yang tak kalah besar. Kemudian massa yang lain mengikuti di belakang dengan berbagai bendera kecil, spanduk, dan peralatan aksi yang lainnya. Semuanya tampak bersemangat, mulai dari anak kecil sampai orang tua menyuarakan kepedulian mereka terhadap saudara yang tengah berjuang di Gaza sana.

Setelah mengelilingi Bundaran HI, massa melanjutkan long march menuju Kedutaan Besar Amerika Serikat yang ada di jalan Medan Merdeka Barat. Ramainya massa membuat lalu lintas sedikit terganggu. Namun, koordinator aksi dibantu beberapa polisi berhasil menertibkan massa. Hujan sempat mengguyur tempat tersebut tetapi hal itu tidak menyurutkan semangat peserta aksi. Akhirnya, sekitar pukul 11.00 WIB massa menyudahi aksi hari ini. Semoga aksi yang kami lakukan ini segera ditindaklanjuti dan menghasilkan suatu kebijakan yang bermanfaat.

Sunnguh, pengalaman pertama yang sangat berkesan. Tidak akan pernah menyesal menjadi bagian dalam aksi ini. Baru kemarin berbincang dengan teman tentang keinginan mengunjungi Bundaran HI karena selama kurang lebih 3 tahun tinggal di Jakarta tetapi belum pernah mengunjungi tempat indah tersebut. Akhirnya diberikan kesempatan datang ke tempat ini bahkan dengan tujuan yang lebih indah dan full barokah, insya Alloh. Fabiayyi aalaaairobbikumaa tukaddzibaan..

Merasakan semangat luar biasa yang menular diantara peserta aksi. Menyaksikan dan mengambil bagian dari indahnya suatu ukhuwah persaudaraan. Lebih mensyukuri nikmat yang mungkin Alloh lebihkan kepada kita dibanding saudara-saudara kita di sana. Sekali lagi, fabiayyi aalaaairobbikumaa tukaddzibaan..

Ternyata masih banyak orang peduli di negeri ini. Andai dapat bersatu secara kontinyu, bukan hal yang tidak mungkin jika negeri ini akan maju.

Last quote,

Visi tanpa aksi hanyalah lamunan semata..

Perlu tindakan untuk melakukan perubahan..

Allohu Akbar !!!

Advertisements

2 thoughts on “Aksi FightForPalestine @Bundaran HI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s