.: FISI :.

Apa itu FISI??

FISI singkatan dari Festival Islam ala statistiSI. Serangkaian kegiatan yang  diadakan oleh UKM Rohis STIS. Di acara ini saya juga terlibat sebagai panitia di bagian sie SUAP (Show Up your Ability n Potency)., yang ngurus berbagai macam lomba. FISI kali ini ingin mencapai 3 hal pokok, yaitu mendekatkan diri kepada Allah SWT dalam bentuk kajian Islam yang rencananya akan diadakan tanggal 29 April 2011, membantu sesama manusia dalam bentuk pengobatan gratis dan bakti sosial. Pengobatan gratis dilaksanakan kemarin setelah acara pembukaan bekerja sama dengan Bulan Sabit Merah Indonesia, suatu lembaga yang bergerak dalam bidang kemanusiaan. Sedangkan bakti sosial diadakan di sebuah panti asuhan di daerah Kuburan Cina pada hari berikutnya. Jangan salah., Kuburan Cina itu nama salah satu daerah di sekitar Otista (kampus STIS-red) bukan berarti daerah ini berupa areal makam..hehe. Serem dong bakti sosial di kuburan.. 🙂

Hal terakhir yang ingin dicapai dalam kegiatan FISI ini adalah meningkatkan kemampuan dan potensi melalui lomba2 yang beraneka ragam.

Pembukaan FISI diadakan di Auditorium STIS (yang kini sudah berdiri megah :D) dan dihadiri oleh mahasiswa/i STIS, mahasiswa/i dari PTN lain, juga anak2 SMA di sekitar Jakarta. Pasti bingung kenapa ada anak2 selain STIS kan? Ya, mereka menghadiri pembukaan FISI ini karena mereka turut berpartisipasi dalam berbagai lomba yang diadakan.

Rangkaian acara FISI secara resmi dibuka oleh Bapak Munawar Asikin, selaku kepala jurusan Komputasi Statistik. Beliau mewakili Bapak Bambang Heru selaku Ketua STIS yang sedang berhalangan hadir karena ada tugas di luar kota.

Setelah acara pembukaan selesai, rangkaian kegiatan selanjutnya adalah berbagai lomba dan pengobatan gratis. Pengobatan ini bertempat di samping masjid Al Hasanah (masjid kampus STIS) dan ditujukan untuk masyarakat sekitar kampus STIS yang ingin memeriksakan kesehatannya secara gratis.

Ada bermacam lomba yang diadakan oleh panitia FISI. Nama lombanya pun unik2 karena mengambil akronim dari istilah statistik., secara kita kan mahasiswa statistik geetoo..hhe.. Diantaranya ada lomba tilawah (Binomial = Bina Iman lewat melodi Al Qur’an), nasyid (Poisson = Potensikan Aksimu dalam Simponi Nasyid ), LCT (Estimasi, ehmm lupa niy akronimnya.,hhe maap yak ^^), Masak (Statmat = Sajikan Masakan Terdahsyat), essai (Duncan = Dari tulisan terbitkan cakrawala dunia), dan Lomba kost/kontrakan (Alin = Alangkah Indahnya Kosan/Kontrakanku). Nah, dari ke-6 lomba itu yang disebutkan 4 di awal adalah lomba yang dilaksanakan setelah acara pembukaan. Sedangkan 2 lomba lainnya diadakan dalam rentang setelah acara pembukaan sampai acara penutupan yang diadakan bersamaan dengan kajian Islam.

Tidak hanya mahasiswa STIS saja yang turut berpartisipasi dalam perlombaan, panitia juga memberi kesempatan kepada siswa/mahasiswa eksternal untuk ikut lomba nasyid dan essai. Acara ini berlangsung cukup meriah. Lomba LCT diikuti oleh 9 tim ikhwan dan 5 tim akhwat. Lomba masak diikuti oleh 16 tim yang dibagi menjadi 2 kloter karena jumlah peralatan yang disediakan panitia hanya ada 8 buah. Lomba nasyid diikuti oleh 9 tim ikwan, 7 diantaranya dari luar STIS dan 11 tim akhwat. Yang paling banyak diikuti adalah lomba ALIN alias lomba kost2an/kontrakan. Lomba ini diikuti oleh 21 kost akhwat dan 15 kost ikhwan yang tersebar di sekitar kampus STIS,. J

Jurinya juga gak main2. Didatangkan sesuai bidangnya masing2. Juri tilawah mengundang dari lembaga bimbingan Al Qur’an (Utsmani), juri nasyid dari personil grup nasyid Gradasi, lomba masak dan essai adalah dosen STIS yang berpengalaman tentunya.

Pemenang dari masing2 lomba akan diumumkan saat acara penutupan hari Jumat nanti. So, tunggu berita selanjutnya ya…. 😀

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s