contoh aplikasi database

1) APLIKASI PENGHITUNGAN TRANSAKSI PARKIR

Cara pembuatan aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman Java dan Oracle untuk pemrograman database.

Aplikasi ini dibatasi dengan hanya diterapkan pada taman kota sehingga tipe kendaraan yang dapat masuk hanya mobil dan motor.

Tujuan/fungsi aplikasi ini dibuat adalah untuk mengetahui besarnya biaya parkir yang harus dibayar.

Operasi yang digunakan :

1. Parkir Input

Dilakukan pada saat kendaraan masuk yang berguna sebagai inputan data kendaraan seperti tipe kendaraan dan nomor polisi. Pada saat login berhasil, user diminta untuk memeriksa kapasitas kendaraan yang ada di area parkir, jika belum penuh maka user memilih tipe kendaraan  yang masuk dan memasukkan nomor polisi kendaraan. Untuk waktu masuk kendaraan akan tersimpan secara otomatis sesuai dengan waktu yang valid pada saat itu. Proses selanjutnya adalah menyimpan data tersebut ke dalam database tabel transaksi_parkir dan akan dicetak tampilan dari karcis masuk parkir kendaraan.

2. Transaksi Parkir

Proses ini hampir sama dengan Parkir Input, user tetap diminta melakukan login. Jika login berhasil, user memeriksa kapasitas kendaraan di area parkir, jika area parkir kosong maka user tidak perlu melanjutkan proses Transaksi Parkir. Jika tidak, kendaraan yang akan keluar dicatat nomor polisinya.

3. Biaya Parkir

Secara otomatis waktu masuk, waktu keluar, lama waktu, dan biaya parkir akan tampil sesuai dengan data yang telah disimpan dalam database tabel transaksi_parkir. Setelah selesai, maka bukti transaksi akan ditampilkan. Bisa ditentukan biaya parkir yang berbeda untuk tiap jenis kendaraan. Apabila karcis hilang, denda dapat diberlakukan.

 

2) APLIKASI RESERVASI HOTEL

Cara pembuatan aplikasi ini menggunakan database MySQL yang mempunyai kemampuan akses data yang cepat, manajemen data yang handal, dan penyimpanan data dalam jumlah yang sangat besar.

Tujuan/fungsi aplikasi ini dibuat adalah untuk membantu administrasi hotel serta menyediakan laporan yang cepat, tepat, dan akurat. Hal ini sangat membantu para staf untuk mengolah data.

Operasi yang dapat dilakukan antara lain :

1. Reservation

Reservation digunakan untuk mendaftar/registrasi tamu yang memesan kamar dan memberikan informasi mengenai daftar tamu yang telah registrasi. Selain itu, dapat juga digunakan untuk menambah, mengubah, atau menghapus data.

2. Desk Folio

Desk Folio digunakan untuk menghitung transaksi yang terjadi untuk guest hotel.

3. Availability Rooms

Operasi ini digunakan untuk menampilkan informasi semua kamar yang ada untuk melihat daftar kamar yang kosong dan terisi serta dapat juga digunakan untuk reservasi kamar yang kosong secara langsung.

4. Profile

Profile digunakan untuk melihat dan menyimpan informasi mengenai guest

5. Message

Operasi message digunakan untuk meng-handle pemesanan tamu seperti room service, shop coffee, pemesanan makanan minuman, dll.

6. House Status

Untuk melihat informasi kamar hotel secara keseluruhan termasuk fasilitas yang disediakan.

 

^semoga bermanfaat 🙂

Advertisements

2 thoughts on “contoh aplikasi database

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s